Pos Bloc Jakarta, Tempat Kekinian di Pusat Kota

 


Pos Bloc adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang dimanfaatkan untuk bersantai dan wisata kuliner. Gedung itu dulunya dikenal sebagai Gedung Filateli kemudian disulap menjadi ruang kreatif yang di dalamnya terdapat ruang-ruang para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berjualan.

Tempat yang cocok untuk bersantai dan berwisata kuliner dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Di samping Gedung Pos Bloc terdapat SMP Ursula Santa dan SMA Ursula Santa yang biasanya banyak mengunjungi Pos Bloc setelah pulang dari sekolah. Aktifitas seperti belajar dan berdiskusi juga bisa dilakukan di tempat ini.

Pos Bloc didirikan dari hasil kolaborasi antara PT Pos Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos, salah satu anak perusahaan grup usaha Radar Ruang Riang yang mengelola M Bloc Space di Jakarta Selatan. Gedung ini dulunya difungsikan sebagai Kantor Pos terbesar di Hindia Belanda. Gedung ini juga ditetapkan pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Tidak ada tiket masuk dikenakan, tetapi setiap pengunjung wajib scan aplikasi PeduliLindungi dan memperlihatkan kepada satpam yang berjaga di depan pintu masuk, kemudian tidak lupa untuk selalu memakai masker. Tempat ini buka setiap hari, dengan jadwal Sabtu dan Minggu dari jam 7 pagi hingga 9 malam, dan setiap Senin s.d. Jumat mulai dari jam 10 pagi hingga 9 malam.

Pos Bloc memiliki dua area luar ruangan yang dijadikan sebagai spot duduk santai sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia di sana. Area luar ruangan pertama adalah bagian depan Pos Bloc, tepatnya di halaman Gedung Filateli. Di sana terdapat beberapa bangku taman, undakan untuk duduk, serta beberapa bangku dan meja kecil di sepanjang trotoar. Sementara area luar ruangan kedua terletak di tengah gedung dan dikelilingi oleh beberapa toko makanan dan minuman. Area ini dapat diakses melalui lorong memutar.

Ketika masuk ke dalam gedung, kita dapat melihat jajaran toko UMKM yang menjual berbagai barang mulai dari kuliner, pakaian, hingga barang lainnya. Di tengah gedung juga terdapat tribun untuk bersantai bisa juga untuk berdiskusi dan bekerja, yang disediakan juga tempat untuk sumber listrik. Toko makanan juga tersebar disepanjang lorong di dalam gedung. Selain toko makanan dan minuman, Pos Bloc juga memiliki toko-toko yang menjual produk ekonomi kreatif. Produk yang tersedia mulai dari sepatu, sendal, barang-barang antik, masker kain, kaos kaki, tas jinjing, tas kecil untuk perlengkapan makeup, aromaterapi ruangan, hingga pakaian.

Pos Bloc Jakarta beralamat di Jalan Pos nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Lokasinya sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum seperti TransJakarta atau Commuter Line (KRL). Pos Bloc Jakarta dekat dengan beberapa halte atau titik pemberhentian TransJakarta. Jika kalian berencana naik kendaraan umum, memilih TransJakarta mungkin jadi pilihan terbaik. Setidaknya, ada tiga halte TransJakarta yang paling dekat dari Pos Bloc Jakarta. Ketiganya bisa dijangkau dengan berjalan kaki, yaitu halte Juanda, Halte Pasar Baru, dan Pasar Baru Timur. Jika ingin ke Pos Bloc menggunakan KRL, bisa turun di stasiun Juanda kemudian jalan kaki menuju Pos Bloc.

Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi seperti motor tidak perlu khawatir karena disediakan tempat parker diluar gedung. Walaupun sebenarnya lahan parkir tersebut adalah bagian dari trotoar untuk pejalan kaki tetapi sepertinya sudah biasa yang berkunjung ke Pos Bloc selalu parker di tempat itu. Kendaraan motor kalian juga dijaga oleh tukang parkir di sana.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama