Medsos : Ancaman atau Manfaat


Perkembangan teknologi kian meninggi seiring majunya zaman. Komunikasi yang dulu terasa lamban kini semakin cepat dan mudah. Kantor pos di masa lalu selalu sibuk dengan kiriman surat-surat penduduk, sekarang sepi bak kuburan. Sebab, pengiriman surat saat ini sudah digantikan dengan media sosial (medsos).

 

Media sosial (medsos) adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berinteraksi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, dan video. Masyarakat saat ini dimanjakan dengan adanya medsos sebagai wahana berkomunikasi. Dengan medsos, komunikasi yang sangat jauh bisa secepat kilat tersampaikan.

 

Penggunaan medsos di masyarakat dewasa sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Berbagai studi yang menganalisis dampak positif dan negatif medsos masih terus dilakukan, terlebih sekarang tingkat penggunaannya semakin tinggi. Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa medsos memiliki dampak negatif seperti peningkatan risiko depresi, kecemasan, kesepian, menyakiti diri sendiri, bahkan pikiran untuk bunuh diri.


Medsos yang memang dirancang untuk bisa mengunggah aktifitas kita sehari-hari bisa menjadi boomerang untuk kita sendiri. Dengan banyaknya orang yang melihat aktifitas kita tiap hari membuat mereka memunculkan pikiran yang tidak diinginkan. Disediakannya fitur kolom komentar pada tiap medsos membuat kita bisa melihat komentar dari pengguna medsos lain.

 

Seringkali komentar pedas dan mengancamlah yang membuat pikiran tidak tenang dan itulah dampak negatifnya. Akibatnya kecemasan timbul dari pikiran yang tidak tenang sehingga bisa meningkatkan risiko depresi. Orang yang memberikan komentar pedas atau mengancam pasti tidak akan memikirkan akibat dari komentarnya.

 

Padahal teknologi informasi seperti medsos ini digunakan untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi. Tetapi mengapa orang banyak menyalahgunakan teknologi ini untuk hal yang sia-sia, malah membuat orang lain merasa tidak tenang. Siapa yang harus disalahkan dalam hal ini.

 

Kita sebagai masyarakat harus bijak dalam menggunakan salah satu teknologi informasi ini. Jangan sampai yang tujuan utama untuk mempermudah komunikasi malah menjadi malapetaka bagi pengguna. Teknologi maju harus diimbangi juga dengan pemikiran yang maju, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama