Kuliah Umum: Serba Serbi Tantangan Jurnalistik

 


Pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Umum Program Studi Penerbitan (Jurnalistik), dengan tema Serba-Serbi Tantangan Jurnalis. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Penerbitan (Jurnalistik) semester 1, 3, dan 5 di Auditorium Perpustakaan Lantai 3 Politeknik Negeri Jakarta.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, yang diwakili oleh bapak Drs. M. Fauzy, M.Psi selaku Sekretaris Jurusan. Setelah sambutan, disambung dengan pembacaan doa oleh Drs. Zaenal Arifin., SH., M.H. selaku Kepala Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) dan diakhiri dengan sesi pemaparan materi oleh dua narasumber.

Materi pertama disampaikan oleh Irfan Efendi, M.I.Kom dari SCTV. Irfan Efendi bergabung di Liputan 6 SCTV sejak tahun 1996 dengan posisi sebagai Camera Person. 

Ia menceritakan bahwa dahulu peralatan untuk meliput beratnya mencapai 35kg. Kemudian alasan dia nyaman sampai sekarang di Liputan 6 karena bisa bertemu dengan berbagai kalangan misalnya pengemis dan pejabat. 

Irfan mengatakan produk jurnalistik dapat diakses melalui koran, televisi, majalah, radio, dan online.

Setelah materi pertama selesai dilanjut dengan pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Komario Bahar dari media Insert Live. 

Berkuliah di Politeknik Negeri Jakarta tahun 2006 – 2009 Program Studi Penerbitan lalu masuk Praktik Kerja Industri di detikcom tahun 2009 menjadi wartawan tetap di detiknews, detikhot, sampai sekarang di InsertLive menjadi Executive dan Managing Editor InsertLive.

Komario memaparkan materi tentang SEO (Search Engine Optimization). Dia mengatakan jurnalisme dan SEO sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis media online.

Dalam artikel SEO, dibolehkan beberapa kata dengan gaya selingkung (bukan berdasar KBBI), bukan berarti sengaja salah, tapi untuk optimasi artikel evergreen atau timeless bekerja lebih optimal.

Untuk menjadi wartawan yang andal, maka membiasakan percakapan dan menulis dengan kata yang benar dan baku adalah pemanasan yang bagus.

Komario menjelaskan kekuatan dari InsertLive yang pertama adalah Hot Gossip / Viral, banyak berita eksklusif dan terdepan mendapatkan isu panas selebriti dan merangkum berita yang viral di jagat maya. 

Kedua, artikel tentang tips dan tricks terkait lifestyle dan mengedepankan kebutuhan para pelamar kerja. Terakhir, urusan resensi Drakor dan Kpop masih menjadi unggulan InsertLive yang menopang kanal utama seperti seleb.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama